Kamis pagi (04/07/24), Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan melalui Bidang Paud dan Pendidikan Non Formal mengadakan Technical Meeting Lomba Kreativitas Guru Paud.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua PKG, Ketua IGTKI, Ketua Himpaudi, Penilik dan Pengawas Paud se-Kabupaten Pacitan, serta 3 Juri perlombaan.

Setidaknya terdapat 2 perlombaan yang akan diadakan sebagai bentuk memperingati HAN tahun 2024. Sasaran lomba ini adalah Guru Paud yang akan mengikuti lomba Video Pembelajaran Kreatif dengan Tema “Lomba Video Inspiratif 6 Fondasi Anak Paud” dan lomba Festival Olahraga Tradisional 2024.

Lomba Festival Olahraga Tradisional 2024 dijadwalkan diadakan pada tanggal 11 Juli 2024 di halaman Pendopo Kabupaten Pacitan dimulai pukul 07.00 WIB. Tiap PKG Kecamatan mengirimkan 10 personil untuk mengikuti lomba ini. Adapun permainan tradisional yang akan dilombakan adalah Teklek dan Semprengan. Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Ririh Enggar Murwati atau yang akrab disapa Bu Enggar ini menyampaikan, “Kenapa memilih permainan tradisional? karena kita ingin mengenalkan dolanan tradisional pada anak melalui guru, dan nantinya gurulah yang harus mengajarkan ke anak didiknya agar permainan tradisional ini tetap bisa kita lestarikan”.

Sedangkan lomba Video Pembelajaran Kreativitas Guru Paud (durasi video 5-7 menit) dilaksanakan dengan mekanisme beberapa tahap, yakni:

  • Seleksi Video Tingkat Kecamatan paling lambat tanggal 23 Juli 2024
  • Penilaian Video Tingkat Kabupaten paling lambat tanggal 29 Juli 2024
  • Pengumuman Kejuaraan dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2024

Persyaratan peserta lomba Video Pembelajaran Kreativitas Guru Paud adalah 1 (satu) orang guru TK dan 1 (satu) orang Guru KB/TPA/SPS perwakilan per kecamatan se-Kabupaten Pacitan.

Adapun kegiatan yang lainnya dalam rangka peringatan HAN Tahun 2024, akan dilaksanakan Gebyar PAUD pada tanggal 8 Juli 2024 yang akan diikuti oleh anak Paud sebanyak 500 orang dan Guru Paud sejumlah 1500 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *