Rabu(24/07/24) bertempat di ruang pertemuan Ki Hajar Dewantara Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Konvensi Hak Anak (KHA), Implementasi KHA Dalam Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di Lingkungan Satuan Pendidikan Jenjang Paud, SD, SMP, dan PNF, serta Inovasi “Darling Dabayo” (Sadar Lingkungan Dari Bahaya Rokok).

Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta Luring (datang langsung) dan sekitar 546 peserta yang melalui Daring Zoom Meeting.

Terdapat 3 materi dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Budiyanto Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan. Materi pertama terkait Konvensi Hak Anak (KHA) disampaikan oleh dr. Puji Dian Cahyani, M.PH (Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas PPKB dan PPPA Pacitan), materi kedua terkait KHA dalam Program Sekolah Ramah Anak disampaikan oleh Surya Rien Kristanti (Analis Kebijakan Ahli Pertama Bidang Pembinaan Paud dan PNF Dinas Pendidikan Pacitan), dan Materi ketiga disampaikan oleh Ririh Enggar Murwati (Kabid Pembinaan Paud dan PNF Dinas Pendidikan Pacitan) yang sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara Kegiatan.

Harapan diadakan kegiatan kali ini adalah untuk mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Kabupaten Pacitan sebagai bentuk Implementasi dari Konvensi Hak Anak PBB (yang diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia pada Tahun 1990). Hal ini guna mendukung Kabupaten Pacitan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak yang tahun lalu memperoleh predikat Madya
.

Dengan adanya Sekolah Ramah Anak diharapkan Sekolah menjadi sekolah yang berkonsep dan menjamin BARIISAN, yakni Bersih, Aman, Ramah, Indah, Inklusif, Asri, dan Nyaman sehingga Anak akan selalu nyaman datang ke sekolah karena hak-haknya terjamin dan terlindungi seperti yang telah ditetapkan pada Konvensi Hak Anak.

Sedangkan Inovasi Darling Dabayo (SaDAR LINGkungan DAri BAhaya rOkok) diharapkan menjadi angin segar untuk seluruh orang tua/wali murid bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan mengupayakan untuk menjamin anak-anak di sekolah terhindar dari bahaya rokok dengan menerapkan beberapa gerakan di sekolah terkait Kawasan Anti Rokok.



#stopbullying
#paud
#pacitan
#fyp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *